..:: Linux CaPhede ::..

Linux itu Mudah

  • Arsip

  • Tulisan Terakhir

  • RSS FOSS

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS Opensuse.or.id

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS Makassar-Slackers

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Klik tertinggi

    • Tidak ada
  • Blog Stats

    • 123.318 hits
  • Internet Sehat

    Internet Sehat
  • Support ILC 2009 Makassar

  • RSS Plurk

    • firstly harga aque gelas 4000 ... Di tanya kenapa mahal katanya pajak disini tinggi ... (doh) apa semua pajak seluruh indonesia berbeda-beda? ...
    • firstly wah sdh di panggil naik...
    • firstly Hasanuddin Airport..
    • firstly akhirnya bisa menikmati bandwidth 40mbps
    • firstly bilang Di Warkop Pelita ada armanidris resha dr.MG
    • firstly butuh warnet global-net
    • firstly bilang shincan dance @(forum.kafegaul.com/images/smilies/shincan_dance.gif)
    • firstly bilang Barusan Daftar ILC ilc2009.web.id, sebagai peserta..
    • firstly bilang 2 hari lagi ...
    • firstly bilang ICT Unhas ... menunggu lucqe
  • Online

    counter

Membuat Antena Omni 14 dB

Posted by firstly pada Mei 15, 2008

Ceritanya singkat. Awalnya saya membutuhkan koneksi Internet di rumah agar pekerjaan kantor bisa diselesaikan di rumahku, habis kalau dikantor biasanya saya harus pulang sampai jam 23.00, dan terkadang pekerjaan itu belum bisa diselesaikan pada hari itu juga, mau lanjut … malu sama penjaganya. akhirnya pekerjaan dilanjutkan besok, nah kalau mau pikir-pikir untuk pekerjaan yang saya guluti sekarang membutuhkan waktu yang 24 jam dan membutuhkan koneksi internet. wah tidurnya kapan ? … hm.. itu cerita lama, kadang saya dibilang si kalelawar. yah.. nasib pekerjaan …

eniwai.. akhirnya ada anak PKL sekitar 4 orang, dari AMIK Profesional Makassar, yang mau ikut PKL dikantor saya, 3 orang jurusan Teknik Komputer dan 1 orang Jurusan Komputer Akutansi, hm .. akhirnya di terima sama Pak Siddiq, dan mendapat tugas dari Pak Ridwan, dengan pembimbing lapangan Pak Lukman. Nah tugas awal yang diberikan sama Pak Ridwan yaitu Confluence, nanya kiri kanan ternyata confluence agak rumit tapi saya melihat siswa-siswa ini begitu antusius. akhirnya saya jadi tertarik untuk memberikan tugas sampingan. yaitu Membuat Antena Omni 14 dB tanpa tawar menawar <– (barang kali) mereka setuju, akhirnya saya memperlihatkan videonya Kang Onno W. cara membuat antena Omni. Video ini saya dapat waktu saya mengikuti seminar di MTC, sambil nonton kita mencatat semua langkah-langkah membuat antena tersebut dan semua kebutuha yang dibutuhkan untuk membuat Antena Omni. Hari berikutnya  siswa-siswi ini pergi mengecek harga alat-alat yang dibutuhkan akhirnya mereka sepakat untuk membeli semua kelengkapannya.

nah berukut ini ada video singkat dari antena omni yang kita buat

ini gambar omni yang sudah selesai di buat, dan akan dipasang.

Membuat Antena Omni

Antena OmniAntena Omni Setelah JadiAntena OMNI 3

Mau Pasang Anten

Pasang di tower

Turun

nah dibawah ini ada alat-alat yang dibuthkan dalam membuat antena omni.

Peralatan yang dibutuhkan

  1. Paralon 1 1/4 inc 1,5 Meter
  2. Busa Kapiler AC 1,5 Meter
  3. Pipa Kapiler AC 0,6 mm 1,5 Meter
  4. Kaberl RG 6 U
  5. Plat tembaga 0,5 mm 1/2 Meter
  6. N Connector Female
  7. Cutter
  8. Timah
  9. Bor Tangan
  10. Tang Potong
  11. Dop Paralon 1 1/4 2 buah
  12. Guntung dan Solder besar

Langkah I

  • Potong Pipa Kapiler AC
  • ukuran 4,7 cm 24 Buah
  • ukuran 7,8 cm 1 buah

Langkah II

  • potong dan kupas kabel RG 6 U
  • ukuran : 6,7 cm 24 buah
  • ukuran : 9,8 cm 1 buah

Langkah III

  • Susun dan sambungkan, Solder 24 elemen

Langkah IV

  • Potong plat tembaga 8 cm x 3 cm
  • bentuk bulatan lalu solder

Langkah ke V

  • Lubangi
  • Solder elemen 7,8 cm
  • Sambungkan dengan N Connector

Langka VI

  • Buat Ground dari plat tembaga
  • Buat kabel Stup

Langka VII

  • Sambungkan seluruh bagian antena
  • Lubangu Dop
  • Rivet N Connector

45 Tanggapan to “Membuat Antena Omni 14 dB”

  1. F1-car said

    Salut ama bpk yg tlh membrikan msukanx… Sy slaku ank pkl disini sngt bahgia krn mndptkan banyak tambahan ilmu serta wawasan apalagi yg namanya OS Linux sy akan membaharuinya… Thank’s

  2. firstly said

    Yoi … dan *Mari ki Di’*

  3. kodok said

    apakah kabel RG6U itu ada, karena yang saya tau yang ada cuma RG6, itupun dengan attenuation tinggi, gimana kalo menggunakan kabel yang mempunyai attenuation rendah seperti misalnya, LMR400 dan sebagainya, untuk mengetahui lebih jelas cara menghitungnya kunjungi aja situs,http://www.timesmicrowave.com/cgi-bin/calculate.pl

  4. heriyanto said

    Langsung aja nih, kabel stupnya dipasang di mana pada antena trus berapa ukuranya. mohon penjelasan, kalau tidak keberatan ada gambar sketsanya dong ……

  5. fa'at said

    wah ternyata ada pemuda makassar yg hebat juga. 😉
    pak beli di mana pipa kapiler AC dan busa kapiler AC nya?
    saya dah keliling makassar tp cuman 1 toko yg jual. yakni di veteran elektronik. tp gak bisa beli per meternya.

  6. Nugroho YAKKUM said

    Setelah membaca petunjuk dan melihat video tutoriasaya sudah memuat antena omni 14 db, saya melakukan semuanya dengan sangat teliti, mulai dari presisi pemotongan Pipa, Pemotongan kabel (saya gunakan kabel Ericson RG-8, Packing – Finishing. Setelah jadi saya coba lakukan tracking dengan dua buah AP TP Link WA601G, yang satu menggunakan antena standart, satunya lagi menggunakan antena buatan tersebut senggaja belum saya naikan, saya buat SSID berbeda untuk mengetahui kemampuan pancaran, channel yang digunakan adalah chanel 5, namun hasilnya kurang memuaskan dimana kemampuan omni tidak jauh berbeda dengan antena standart, apakah saya gagal memuat antena, dimana letak kesalahannya mohon koreksi teman-teman saya pusing nich…..

  7. firstly said

    Pak NUGROHO: bisa tau hasil link Quality, Sinyal Level, Noise Level. terus tx powernya berapa ? makasih

  8. Zulfikar_mcec said

    Trus Berjaya Antena Omni

  9. Zulfikar_mcec said

    kalo mau cari pipa kapiler ac dan busa kapiler ac cari di jalan sungai saddan baru yang penjual peralatan kulkas ato di jalan buru penjual alat2 kulkas.. Dijamin ada.. He2x

  10. Zulfikar_mcec said

    kabel RG6U sangat banyak dijual dimakassar.. Kabel RG6U itu yang biasa dipake pada kabel TV (TV Kabel).. OK

  11. fai said

    bos mau tanya , kalo kita bikin antena tak memakai pipa kapiler tetapi pakai ground dari kabel rg tersebut untuk menyambungkan antar elemen dengan ukuran yang sama pada perhitungan anda . gimana tangapan anda boleh atau tidak , kalau tidak boleh tolong beri alasan yang jelas dan kirim ke email saya, thanks bos

  12. hehe, jadi mengenang waktu smu gw dulu, buat antenna ;))

  13. satriadwika said

    saya tidak yakin antena omni ini bisa berhasil dengan bagus, coba lihat disini http://satriadwika.wordpress.com/, dibahas tentang kesalahan konstruksi antena ini.

  14. Anas said

    Saya mau tanya, berapa kali untuk membuar antena in hingga berhasil, karena saya sudah mencobanya, dan ternyata jangkauannya gak sampe 200 meter dengan kondisi lapangan los

    Terimakasih sebelumnya

    • firstly said

      pak anas, apa sudah yakin semua sudah terpasang dengan benar dan sesuai dengan ukuran.. biasanya yang membuat redaman turun itu terletak di pigtail dan kabelnya.

  15. anas said

    Maaf seblumnya jika akan ada salah kata, saya sudah mencobanya hampir 10 kali, dengan catatan, membuat ulang antenanya, bukan hanya mengujinya, kalo hanya mengujinya sudah tidak dapat di hitung lagi, saya juga sudah mencobanya menggunakan beberapa tipe kabel.

    kalo mengenai kabel pigtailnya sendiri saya sudah mencobanya juga dengan berbagai macam tipe kabel pigtail, sementara ini saya masih bertahan menggunakan kabel RG58 kalo gak salah.

    Terimakasih untuk teman2 yang merespon pertanyaan ini, masukannya sangat saya harapkan.

  16. uuk said

    maju terus deh…
    maap mungkin kita besok jadi saingan..
    ehehehehhe

  17. F1car said

    1. Kunci kesuksesan antena yang anda buat itu harus benar2 sesuai dengan bahan yang sudah ditentukan, mis jenis kabelnya, jika anda merubah ukuran atau jenis kabelnya maka secara otomasis prinsip kerja dari antena itu akan berubah
    2. Antena omni itu masih butuh bantuan antena lain untuk menangkap sinyalnya. kemarin aq sendiri sudah coba sama pa fadly (firstly) bayangkan jarak sekitar 1 km lebih kami masih bisa menangkap sinyal antena omni dengan kec. yang tidak jauh berbeda dengan tempat antena omni itu dipasang.
    3. Sekedar info, kami (pak fadly n Team Pkl Amik 2008) hanya sekali dalam membuatnya n alhamdulillia langsung berhasil…

  18. donsphytos said

    Aloha smua master2 wifi yg suka ngoprek…
    salam hangat.
    tuh antena omni bikinan sendiri radius bs tembus brp km siy,
    tahanx b4 wat bantuannya…

  19. aritrin said

    wew … thanks

  20. ali said

    Mas AKU MAu tanya
    1. Ditoko apa yang biasa jual pipa ac ama busanya?
    2. Kabel Rg 6 u Itu seperti apa?
    3.kabel yg dipakek Dari Acses point Ke antena itu pakek kabel apa?

    • Anas said

      Saya coba memberikian opini, untuk busanya biasanya di toko elektronik biasanya juga ada, setau saya kabel rg6u itu sampe sekarang belom ketemu bentk fisiknya, saya juga tanya2 barangnya memang susah, kalo besar barangnya sendiri tidak jauh berbeda dengan kabl tv, hanya saja, salah besar kalo kabel tv di jadikan penggantinya, akan bermasalah pada pancaran signalnya, karena kabel tv mempunyai ohm yang lebih besar, yaitu 75 ohm, untuk kabel dari AP ke antena saya sendiri menggunakan kabel rg58 dan panjangnya tidak lebih dari 30 cm.

      Anas.

  21. Schatje said

    Kalau di denpasar, ada yang tau yang jual plat tembaga ?

    Thanks

  22. eryan said

    wow……..majulah indonesia……

  23. kootzar said

    pak.. mw tanya nehh..

    kalo tempat bli banhan2 nya di mks dimana ya pak???

  24. izoel_anarkii said

    pak,sya nak smk dan disuruhh buat anntena omni + antena n-connector .
    yang mnjadi ksultan dri praktek pmbuatan antena omni+antena n-connector dimananya pak ?
    bls .

  25. Peace be upon you first
    Dear , Eng

    Sorry not to write in Indonesia Language i just use Google Translate Service to understand it not my mother tongue.
    just few questions.

    First one
    the space between each two pieces of copper pipe is 2 mm or 3 mm or 4 mm and does it make any difference ?

    Second

    the external cover , does it make any difference to make it 1/4 inch instead of 1 inch to make it not to shake inside the paralon or it must be 1 inch

    Third

    I can not find plat tembaga here in Egypt 8 cm * 3 cm
    but i can find copper pipe 3/4 inch which give me diameter approximately
    1.9 cm
    not 1.6 as you mentioned
    does it make any difference

    Fourth

    can I use R-SMA Connector instead of N-Type or not.

    please all i mentioned above what is making antenna gain goes down tell me and what is can not decrease it’s performance no problem in it.

    Hope you enjoy your life well helping other people.
    Thanks for all.

  26. bolang komp said

    mf om fadly, klw boleh saya tw. untk hasil dari praktek pembuatan antena omni yg diatas. kr2 sinyal yg di pancarkan dari omninya bisa tembus smpai brp kilo…? hmmmmmmmm

    trus dalam membuat antenna ommni, untk mengetahui 12, 14 or 18 db dilht dari mana …?
    tlng kasih sy pencerahn …

  27. qq said

    terima kasih atas tutorialnya.. berguna sekali artikel ini

  28. Ahmad said

    Wah hebat pa..

    Klo bsa upload videonya pa..

    Klo ngga videonya bsa di download dimana..

  29. ferre said

    coba buat yang ini lebih mAntep BOSS http://www.2shared.com/document/19oYSnnB/omni_20_dbi.html

  30. jaka said

    original site of this
    http://www.nodomainname.co.uk/Omnicolinear/2-4collinear.htm

  31. Surono said

    Alhamdulillah, saya telah berhasil membuat antena OMNI 14db.
    Tapi bahan yang saya gunakan adalah, bahan inport (Made in Japan) semua Kabel RG6U, Pipa Tembaga 0,6mm, N-Connector, Paralon (Fiber). menghabiskan dan Rp.500.000
    Radius 1 Kilo meter bisa terdetect oleh sinya wifi Laptop ACER Aspire 4736G………(Good)

  32. artikel yang bagus, terimakasih.

  33. febri said

    bro mau nannya nh,,,aku mau nulis tugas akhir tentang antena Omni,,trus aku bingung mau nyari literatura dan penjelasan tentang cara kerja anten omni tuh dmna …aku dah coba google tpi nga dpet,,kali aja ada bisa di bantu ,,,

    mohon bimbingannya,,,tank’s b4

  34. kabutaku said

    mau nanya nh,,,,,,

    jarak jangkuannya brapa ??

    aku buat tpi jrknya cmn kurang lebih 100meter,,,knpa cmn dekat yh?

  35. wawan setiawan said

    Sebelumnya Thanks ya infonya. Saya tertarik juga untuk mencobanya. Cuma sedikit yg harus dibantu dicerahkan. Setelah membuat antenna ini lalu bisa digunakan dengan meneghubungi langsung ke komputer/laptop atau tidak? Masih memerlukan beberapa alat apa lagi? Mohon maaf kalau terlalu mendasar pertanyaannya.

  36. Suweca said

    Mas Kalo Boleh tnya Brapa Qra” Biaya Pembutan Antena Omninya ??
    Mas brapa Jarak Dari Akses Pointnya Ke Client Batas akhirnya ???
    Bisa Buatin Saya gx ???
    YM : Saya Y di (death_country_gsg)

    • firstly said

      kalau saya biayanya sekitar 100rb itupun pipanya saya pakai yang bekas.
      mengenai jarak saya pernah pakai sampai 2 km jarak udara. masih bisa konek dengan bagus.

  37. ragil said

    maaf, kurang jelas keterangannya

  38. nick acong said

    maaf pak… tidak salahji itu bahannya pake pipa kapiler AC 0,6 mm. kecilnya itu diameternya…??

Tinggalkan komentar